A. Membuat database di oracle.

Relational Database sebenarnya adalah salah satu konsep penyimpanan data, sebelum konsep database relasional muncul sebenarnya sudah ada dua model database yaitu Network Database dan Hierarchie Database. Dalam database relasional, data disimpan dalam bentuk relasi atau tabel dua dimensi, dan antar tabel satu dengan tabel lainnya terdapat hubungan atau relationship, sehingga sering kita baca diberbagai literatur, database didefinisikan sebagai “kumpulan dari sejumlah tabel yang saling hubungan atau keterkaitan”. Nah, kumpulan dari data yang diorganisasikan sebagai tabel tadi disimpan dalam bentuk data elektronik di dalam hardisk komputer. Untuk membuat struktur tabel, mengisi data ke tabel, mengubah data jika diperlukan dan menghapus data dari tabel diperlukan software. Software yang digunakan membuat tabel, isi data, ubah data dan hapus data disebut Relational Database Management System atau dikenal dengan singkatan RDBMS sedangkan perintah yang digunakan untuk membuat tabel, isi, ubah dan hapus data disebut perintah SQL yang merupakan singkatan dari Structure Query Language. Jadi, setiap software RDBMS pasti bisa digunakan untuk menjalankan perintah SQL.

Langkah-langkah membuat database :

1.       System operasi yang digunakan sudah terinstal oracle.

2.       Masuklah di run mysql command line, ini berikut tampilannya :

Download artikel lengkap

 

1. Setelah masuk di run mysql command line,

2. Ketik Show user pda run SQL Comaand line

 

 

3. Ketik SQL>conn system Ã

Enter password:

Pengisian password diisi sesuai huruf/angka pada instalasi pertama.

Connected.

 

Hasilnya seperti ini

 

 

4. Langkah selanjutnya menamai database, disini diberi nama user bandungst.

5. SQL> create user bandungst Ã

2  identified by bandungst  Ã

3  default tablespace bandungst  Ã

4  quota 10 M on users; Ã

User created.

 

Hasil seperti ini :

 

8.  Selanjutnya supaya table dapat izin akses maka diketik seperti dibawah ini.

SQL> grant create session, Ã

2  create table, Ã

3  create indextype Ã

4  to bandungst; Ã

 

Grant succeeded.

 

Hasilnya seperti ini :

9.  Selanjutnya ketik show user lagi,lalu panggil user yang kita buat tadi dengan conn bandungst, setelah itu akan muncul enter password,enter password disini diisi sesuai dengan nama user yang kita buat tadi.

Hasilnya seperti ini :

 

10. Setelah dienter coba di ketik sekali lagi show user,makan akan tampil user yang kita buat tadi. Jadi kita bisa membuat table didalam user/ database “bandungst”

Hasil seperti ini :